Putra dari dua dosen universitas, Colin Firth lahir di daerah Hampshire Inggris. Pengalaman akting pertamanya datang di sekolah ketika dia memerankan Jack Frost dalam pantomim Natal.

Tiga dari empat kakek-neneknya adalah misionaris Metodis dan dia menghabiskan masa kecilnya di Nigeria, kembali ke Inggris pada usia lima tahun di mana dia memasuki sekolah komprehensif di Winchester.

Colin akhirnya mendaftar di sebuah pusat drama di London. Saat bermain Hamlet dalam produksi sekolah selama masa jabatan terakhirnya, aktor itu “ditemukan,” dan dia melanjutkan untuk membuat debut panggungnya di London dalam produksi West End dari Another Country. Dari pementasan ini, ia terpilih untuk memerankan karakter Judd dalam film lakon tersebut.

Terlepas dari awal yang baik untuk karirnya, Colin menghabiskan sisa dekade dan setengah dekade berikutnya bekerja dalam ketidakjelasan relatif.

Dia membintangi sejumlah produksi televisi — termasuk Penyanderaan 1993 yang sangat terkenal — dan bekerja dengan mantap dalam film.

Beberapa karyanya yang lebih terkenal termasuk A Month in the Country, di mana ia memainkan veteran Perang Dunia I melawan Kenneth Branagh dan Natasha Richardson, dan Valmont, adaptasi Milos Forman tahun 1989 dari Dangerous Liaisons, di mana Colin membintangi peran judul.

Untuk perannya sebagai Robert Lawrence dalam produksi TV 1989 Tumbledown, ia menerima penghargaan Aktor Terbaik Royal Television Society dan juga nominasi BAFTA.

Kemudian mini-seri datang yang mengubah hidupnya. Pada tahun 1995, ia mendapatkan peran untuk adaptasi televisi Pride and Prejudice.

Colin memerankan Mr. Darcy, salah satu pecinta sastra yang paling keras kepala dengan karisma masam dan bersahaja. Seri pendek tampaknya tidak cukup panjang karena menyebabkan rekor peningkatan kadar estrogen di kedua sisi Atlantik.

Colin menyebabkan banyak penonton bertanya-tanya di mana dia begitu lama dan tiba-tiba dia menjadi sorotan media. Untuk perannya, ia juga menerima penghargaan sbobet.digital Aktor Terbaik Royal Television Society dan nominasi BAFTA.

Pada tahun yang sama, ia muncul sebagai cad asmara di Circle of Friends yang sama populernya (1995), dan pada tahun berikutnya tampil sebagai suami Kristin Scott Thomas yang diselingkuhi dalam The English Patient (1996).

Setelah perubahan yang sangat menyeramkan sebagai calon suami Gwyneth Paltrow dalam Shakespeare in Love 1998, Colin kemudian membintangi dua film yang sangat berbeda: My Life So Far, kisah disfungsi keluarga di Dataran Tinggi Skotlandia, dan Fever Pitch.